10 Komponen Dalam Bisnis Online adalah Hal Wajib Diketahui

Komponen dalam Bisnis
Daftar isi

Perkembangan dunia bisnis sekarang ini cukup pesat. Pasalnya, dalam dunia bisnis juga diharuskan untuk mengikuti perkembangan teknologi yang semakin maju. Dimana, sekarang ada banyak kegiatan yang bisa dilakukan hanya lewat internet saja. Salah satunya komponen dalam bisnis online adalah strategi penjualan.

Sekarang ini banyak kemunculan bisnis online di berbagai sektor penjualan baik itu barang maupun jasa. Tentunya, setiap perkembangan bisnis tersebut memiliki komponen. Untuk komponen dalam bisnis online adalah meliputi berbagai hal. Ada beberapa komponen yang perlu diketahui.

Komponen Dalam Bisnis Online

Dalam dunia bisnis memang cukup berkembang, seperti munculnya bisnis online yang semakin canggih. Dengan begitu ada banyak strategi bisnis yang dilakukan para pebisnis online. Hal tersebut, sebagai upaya untuk mendapatkan pelanggan.

Lebih dari itu, tentu saja agar bisnis mendapatkan untung. Namun, dalam prakteknya seorang pebisnis perlu memahami setiap pasar yang ada sekarang. Dimana, dalam penjualan dan pemasaran memiliki komponen penting sekarang ini. Adapun komponen dalam bisnis online adalah berbagai hal seperti berikut.

1. Pemasaran Via Mesin Pencari (Search Engine Marketing)

Sekarang ini, banyak orang yang dimudahkan dengan kehadiran internet yang semakin canggih dan mencakup hal yang luas. Umumnya, pengguna internet tersebut akan mencari suatu produk maupun jasa lewat mesin pencari. Apalagi di tanah air ini, Google menjadi peramban atau pencari yang banyak dipakai.

Untuk itu, komponen dalam bisnis online salah satunya adalah menggunakan mesin pencari. Dimana, pemasaran via mesin pencari tersebut dilakukan dengan memasang iklan.

Anda dapat mendaftarkan bisnis Anda ke iklan Google. Dengan ini, nantinya pelanggan akan melakukan pencarian dan dapat menemukan iklan produk dan perusahaan tersebut.

Jika tidak memiliki kemampuan dan pengalaman maka disarankan untuk hire freelancer yang berpengalaman di dunia digital marketing misalnya Suhendra Nasution yang memiliki service pembuatan landingpage, Google Ads, Facebook Ads, Instagram Ads & SEO.

2.  Optimasi Mesin Pencari (Search Engine Optimization)

Tidak hanya menerapkan iklan di Google, komponen dalam bisnis online adalah dengan melakukan optimasi. Melakukan optimasi atau yang sering disebut SEO merupakan hal yang berkaitan dengan konten marketing. Dimana, website akan mendapatkan suatu trafik dengan gratis.

Melakukan optimasi terhadap suatu keyword atau kata kunci, akan membuat website atau konten ditampilkan pada halaman pertama. Dengan begitu, akan menghasilkan trafik. Tentu saja untuk mendapatkan hasil yang bagus, SEO dapat diterapkan dengan tepat.

Jika tidak memiliki kemampuan dan pengalaman maka disarankan untuk hire freelancer yang berpengalaman di dunia digital marketing misalnya Suhendra Nasution yang memiliki service pembuatan Website, Google Ads, Facebook Ads, Instagram Ads & SEO.

3.  Website

Melakukan bisnis online, tentu ada banyak hal yang diperlukan, salah satunya adalah dengan website. Penggunaan website ini cukup berikatan erat dengan bisnis online. Dimana, dalam website biasanya akan menampung berbagai hal terkait produk maupun jasa.

Ketika terdapat pengunjung, maka sering kali pengunjung website merupakan pengunjung potensial. Dimana, mereka melakukan pencarian dari produk yang sedang diminati dan berpotensi membeli. Dengan begitu, tampilkan website dengan berbagai informasi lengkap.

Jika tidak memiliki kemampuan dan pengalaman maka disarankan untuk hire freelancer yang berpengalaman di dunia digital marketing misalnya Suhendra Nasution yang memiliki service pembuatan Website, Google Ads, Facebook Ads, Instagram Ads & SEO.

4.  Pemasaran Konten (Content Marketing)

Dalam melakukan bisnis online, akan terdapat banyak komponen yang diterapkan. Dimana, komponen dalam bisnis online adalah konten. Keberadaan konten merupakan sebuah komponen paling utama dari adanya bisnis online. Konten sendiri merupakan sebuah informasi yang disajikan dengan menarik di berbagai media.

Hal tersebut agar dapat dilihat oleh pengguna internet serta pelanggan yang memiliki potensi. Konten ini bisa dalam bentuk infografis, video, artikel, audio, dan e-book. Adanya konten akan sangat membantu pelanggan potensial untuk mendapatkan informasi. Selain itu, akan dapat menambah kepercayaan.

5. Pemasaran via Media Sosial (Social Media Marketing)

Sekarang ini, perkembangan zaman sangatlah pesat dan masyarakat cenderung mengikuti perubahan. Hal tersebut, dapat dilihat dari adanya media sosial yang sekarang sudah banyak penggunanya. Di dalamnya pengguna dapat melakukan berbagai hal seperti bersosialisasi, bahkan promosi.

Dengan begitu, kehadiran media sosial menjadi salah satu komponen penting melakukan bisnis online. Menggunakan media sosial sangat berpotensi untuk menarik pelanggan potensial dengan pemasaran online. Media sosial tersebut umumnya seperti Instagram, YouTube, Facebook, TikTok dan lainnya.

Jika tidak memiliki kemampuan dan pengalaman maka disarankan untuk hire freelancer yang berpengalaman di dunia digital marketing misalnya Suhendra Nasution yang memiliki service pembuatan landingpage, Google Ads, Facebook Ads, Instagram Ads & SEO.

6. Periklanan Online (Online Advertising)

Menjalankan suatu bisnis, tentu salah satu hal penting adalah menggunakan strategi pemasaran. Dalam hal ini, strategi diterapkan sesuai dengan perubahan dan pola hidup masyarakat. Salah satu strateginya adalah dengan melakukan periklanan online.

Salah satu Komponen dalam bisnis online adalah periklan online. Namun, dalam penerapan iklan ketahui dulu tujuannya untuk branding atau penjualan. Sesuaikan iklan dengan tujuannya. Ada beberapa media yang memberikan wadah dalam beriklan. Misalnya seperti Social Media Ads, pay Per Click Ads, artikel atau blog dan lainnya.

Jika tidak memiliki kemampuan dan pengalaman maka disarankan untuk hire freelancer yang berpengalaman di dunia digital marketing misalnya Suhendra Nasution yang memiliki service pembuatan landingpage, Google Ads, Facebook Ads, Instagram Ads & SEO.

7.  Hubungan Masyarakat via Online (Online Public Relation)

Melakukan penjualan, tentu sangat penting dalam menjaga hubungan dengan masyarakat. Apalagi jika itu termasuk target pasar. Hal tersebut pun menjadi komponen yang cukup penting dalam bisnis. Dalam melakukannya, Anda dapat menggunakan Public Relation seperti Cyber PR, E-PR, dan Online Pr.

Penggunaan Online PR menjadi wadah komunikasi antara perusahaan dengan masyarakat. Menerapkannya akan membangun brand, memperkenalkan produk, dan meningkatkan kepercayaan. Dalam prakteknya penerapan ini, di setiap perusahaan memiliki caranya sendiri.

8. Pemasaran via Email (Email Marketing)

Melakukan pemasaran via email, sebenarnya sudah dilakukan sejak kehadiran email tersebut. Hal tersebut menjadi komponen dalam bisnis online adalah dengan menjalin suatu komunikasi. Menggunakan email akan dapat menjalin hubungan baik dengan mitra perusahaan, konsumen baru maupun pelanggan tetap.

Tidak hanya itu, komponen email juga akan berkaitan dengan promosi. Anda dapat mengirimkan surat berupa konten yang memuat informasi, penawaran akan produk atau jasa tersebut. Cara ini cukup efektif untuk mendapatkan pembeli. Selain itu, juga memiliki biaya yang murah.

9.  Analisis Website (Website Analytics)

Hal yang penting atau komponen yang cukup dibutuhkan adanya bisnis online adalah penggunaan analisis website. Dimana, menerapkan analisis website ini akan membuat Anda mengetahui mengenai perkembangan bisnis. Sejauh mana bisnis Anda dikenal dan dipasarkan dalam internet.

Untuk melakukan analisis tersebut, Anda dapat memanfaatkan Google Analytics. Dimana, layanan tersebut akan menampilkan setiap pengunjung website bisnis yang Anda miliki. Nantinya, Anda akan dapat melakukan perubahan dari hasil analisis untuk perkembangan bisnis.

10. Aplikasi Toko Online

Melakukan bisnis online, yang menjadi komponen dalam bisnis online adalah adanya wadah untuk melakukan bisnis tersebut. Dalam hal tersebut, salah satunya yakni dengan toko online. Anda bisa memanfaatkan toko online untuk melakukan penjualan.

Dengan begitu, penjualan produk maupun jasa dari perusahaan yang Anda miliki akan semakin meningkat. Terdapat banyak toko online yang beredar di internet sekarang ini. Dimana, aplikasi tersebut juga sudah banyak digunakan oleh masyarakat dan memiliki integritas.

Komponen Bisnis Online

Demikian penjelasan mengenai komponen dalam bisnis online adalah meliputi berbagai hal terkait pemasaran dan penjualan. Mengetahui komponen dalam bisnis online tersebut, akan membantu Anda menjalankan bisnis. Tentu saja hal tersebut cukup memperhatikan pasar yang semakin berkembang.

My Service:

Website Development

SEO Optimization

Performance Marketing

Share Postingan ke:
Suhendra Nasution
Suhendra Nasution
Saya seorang Freelancer & Entrepreneur Berpengalaman dibidang dunia digital marketing lebih dari 5tahun dan menguasain teknik pengembangan website, SEO, SEM, Facebook Ads, Instagram Ads
Related Post

Hey There!

It's good to see you again

Konsultasikan Bisnis Anda